Minggu, 17 Maret 2013

Bersama Komisi II DPRD Padang panjang Ke Jawa Barat


 Susu Mudah menyerap Bau

 Perahlah   Di Ruang tertutup




        Dua objek   kunjungan Komisi II DPRD Padang panjang   ke UPTD BPPT sapi Perah Cikole Dinas Peternakan Provinsi jawa barat dan Koperasi Peternak Susu Bandung Utara ( KPSBU),  sebenarnya diluar skedul. Namun karena  disegi ekonomi kerakyatan, susu   akan dijadikan salah satu  ikon oleh kota Serambi Mekkah,  Chandra kepala Dinas Pettanian kota Padang Panjang mengusul agar  rombongan   datang  menyambangi pusat pengembangan sapi perah di jalan raya Tengkuban Parahu Km 22 Lembang  Jawa Barat itu.
         Terkesan dadakan memang, namun setelah difalitasi Chandra,   anggota komisi II  terdiri Abrar ( ketua),  Suardi, Fahrudi, Erizal, Syamsir Alam,  Mesra  dan dua pegawai sekretariat DPRD Padang panjang Desmawita dan  Aliyusman diterima kepala UPTD BPPT Sapi perah Cikole Andri Arfia beserta staf. Kami sudah biasa menerima tamu hinggga BPT kadang   plesetkan sebagai  Badan Penerima Tamu, ujarnya  dengan nada canda. Di tahun 2010 saja  jumlah kunjungan mencapai 18 ribu orang.
    sesuai Perda No. 05 tahun 2002, yaitu melaksanakan  sebagian fungsi  Dinas peternakan Provinsi jawa Barat  dibidang pengembangan pembibitan ternak. Rincinya lagi, fungsi operasionalnya  pengolahan bibit  sapi perah dan hijauan makanan ternak,  percontohan dan uji coba,  pelatihan,magang serta sebagai sumber PAD. 
      Jadi wajar, jika lembaga ini kebanjiran tamu  dari dalam dan luar negeri seperti Jepang, Australia,  Madagaskar dan Arab.  Bahkan dengan  Japan International Coorperation Agency ( JICA)  BPPT sapi Perah Cikole  telah membentuk kerja dalam proyek peningkatan sapi perah.  Seperti juga  pelajar, mahasiswa dan pegawai di Indonesia, sebagian tamu luar negeri juga melakukan penelitian  dan observasi disini.
     Sudah menjadi tradisi, setiap tamu yang datang disuguhi susu segar bermerek hasil produksi sendiri plus makanan tradisional  seperti  kripik pisang,  keripik talas dan lainnya.  Umumnya sang tamu  ragu, jangan jangan ini susu bau  dan amis. Cuma saja, setelah mencicipi,  mereka buru buru menhabiskannya. Kayaknya nih, susu enak, gak bikin nak, ulas Adri  merangkai cerita.
   Memang benar, disini dan di KSBU yang dikunjungi belakangan, susunya lebih terasa  segar dan  pas  dilidah. Kuncinya,  selain  sapinya harus sehat,  peralatan yang digunakan dan  petugasnyapun harus steril.   Tangan dan peralatan dicuci dengan air saja tak cukup, tapi harus dengan dis infektan.
      Idealnya,  pemerasan susu yang dilakukan secara manual minimal harus pakai  penutup mulut dan sarung tangan.  Tujuannya agar susu tidak terkontaminasi dengan   korotan yang mungkin melekat ditangan, atau dari pernafasan  petugas. Tapi jika dilakukan dengan mesin khusus selain 3 kali lebih cepat,  itu  kwalitas susu akan semakin baik.  1 unit mesin perah susu   biasanya  mencapai Rp. 28 juta.
    Disamping itu pemerahan jangan dilakukan  diruang terbuka atau di dekat kandang, sebab  sifat susu mudah  meneyerap bau. Interval waktu  setelah diperah hingga ke cooling unit maksimal 2 jam,  kalau lewat dikahawatirkan  menimbulkan bahteri dan merusasak mutu susu. Untuk susu yang telah diolah,   kalau sudah  lewat 4 jam  dikeluarkan dari kemasan, sebaiknya tak usah dikosumsi lagi.
      UPTD BPPT yang berdiri tahun 1952 dengan nama  awal  taman ternak yang diprakarsai  Drh. Soejono Kosoemowardjo ( Kepala Jawatan kehewanan Priangan barat) memiliki  9,8 Ha  di Cikole, dan  53,07 Ha di Kec Jalan  Cagak.  Sebagian Areal ini juga dimamfaatkan untuk  kebun rumput  Taiwan dan hijauan lainnya dengan produksi 250 ton/ ha/ tahun.
      Tak jauh dibelakang kantor  UPTD BPPT Sapi Perah Cikole,  terdapat  areal  peternakan sapi.  Sebelum sampai dikandang sapi, kita akan melihat hamparan hijauan makanan ternak yang luas.   Ini sebagai stok pakan ternak. Dalam peningkatan gizi harus ada  makanan dengan proses vermentasi atau pengolahan.
      Pola kandang sapi  terbuat dari bambu yang dialas  sejenis karpet yang licin, sebab kalau dengan tembok sapi akan kedinginan. Lantai dimiringkan kearah sungai yang berada persis dibelakang kandang. Tujuannya, supaya  kotoran ternak mudah mengalir  ke sungai bila dilakukan penyiraman.
      Selain memberi konsentrat lansung ke kandang,  sapi  kadang diajak bermain dipadang rumput, mereka boleh makan sekenyangnya. Karena tanduknya telah dipotong  ketika masih anakkan, sapi sapi ini tampak  cantik dan ramah  dikunjungi.
      Menurut Andri, untuk sapi perah yang diharapkan berumur panjang, pemotongan tanduk  sekali seumur hidup  perlu dilakukan.  Cukup  sisakan 2  cm saja. Selain untuk keamanan   petugas dalam bekerja,  tanduk panjang dikhawatirkan mengenai  perut sapi yang sedang hamil  dan berakibat  aborsi.
      Tak hanya itu, Pemotongan kukupun hendaknya dilakukan 2 kali setahun.Bila  kuku sapi panjang, kotoran akan mudah menempel hingga kaki akan infeksi dan stres malas makan. Ujuang ujungnya sapi sakit, mati  menimbulkan kerugian besar.
    Jika ingin  tahu lebih  banyak, magang saja kesini.  Ilmu Tatalaksana pemotongan  tanduk dan kuku,  penyediaan pakan ternak ( Hijauan makanan ternak dan konsentrat, pengolahan limbah  manure ( biogas dan kompos,program donor dan transfer embirio, serta tehnik pemerahan dan laboratorium,  di UPTD BPPT Sapi perah Cikole  akan terjawab tuntas.
       Dari Padang panjang sendiri  seorang pegawai Dinas pertanian  sedang melakukan magang di  BPPT Sapi Perah Cikole yang tahun 2009 menyumbang  Rp.  1,016 Milyar  untuk  PAD nya.Cuma saja karena belum memiliki   dormitory , peserta terpaksa mencari penginapan sendiri. ( yetti harni)
     
Kiat Sukses KPSBU  hingga ber Aset Rp. 45 Milyar
Mutu Susu terjamin, Anggota diberi pinjaman  Tanpa Bunga



    Panas membakar jalan, tapi dari pelataran parkir  sebuah  bangunan  yang cukup luas di   bagian timur pasar Panorama Lembang Jawa barat,   aktifitas bongkar muat  tatap jalan. Mereka sepertinya tak hendak beristirahat  dihari yang gerah itu. 
     Sepintas bangunan  itu mirip gudang, karena  bagian depan yang  polos dengan atap yang  tinggi kaku  menjulang kelangit. Namun setelah dimasuki rombongan komisi II DPRD Padang panjang,  ternyata   separuh    bangunan gedung Koperasi Peternak Susu Bandung Utara( KPSB) itu terdiri dua lantai. Cat dinding coklat muda   terlihat begitu padu dengan perabotan  mewah  warna senada.
       Sungguh terbalik dengan pelataran parkirdi arael kanan KPSBU, dimana  puluhan truk cold diesel, motor dan pick up  bermuatan tanki tanki anti karat  merana tersengat matahari, ruangan  500 meter persegi itu terasa adem karena  dilengkapi AC.  Salam dan Senyum ramah   pegawai  KSBU  yang mengantarkan rombongan ke lantai dua, seakan melebur  capek dan gerahnya perjalanan sepanjang siang  Rabu ( 30/ 3 11) itu.
       Dari lantai dua Pemandangan  lepas  keruangan lantai bawah,dari sana tampak  begitu tertatanya loket loket pembayaran plus dengan ruang tunggu yang representatif. Jarang loh, ada koperasi seperti bank, ungkap  salah seorang anggota rombongan.
    Di sebuah ruangan lantai dua, dimana rombongan diminta menunggu,   sertifikat dan  plakat yang terpajang rapih disebuah lemari besar  tak pelak menjadi objek  sasaran kamera. Ada juga  sertifikat  dari lembaga luar negeri, serta sertifikat jaminan mutu susu dari   Institut Pertanian ( IPB) Bogor.
        Hanya sekitar lima menit saja  Toto Abidin,unsur pimpinan  KSBU yang beranggotakan  6900  muncul dari balik pintu. Pria berkepala plontos  berkulit putih ini lantas bercerita ihwal berdirnya KPSBU.
Sejak lama warga sekitar  telah mempunyai ternak sapi perah, namun karena pemasaran yang kurang jelas tak jarang  harga susu yang diproduksi  600 liter/ hari dipermainkan spekulan, kadang mahal kadang murah.
       Untuk menstabilkan harga,  tahun 1971 dibentuklah koperasi peternak sapi perah  dengan 350 anggota.   Seiring  berjalannya waktu, koperasi terus berkembang  menjadi  6900 orang anggota aktif dan non aktif. Tapi yang aktif   berternak atau   aktif melakukan penyetoran susu hanya 5000 orang saja.
      Total  produksi susu kini    140  ribu liter/ hari. Susu sebanyak itu   hanya 500 liter saja yang diolah  menjadi yoghurt dan susu pasteurisasi kemasan cup bermerek, ditambah dengan jual langsung botolan dan eceran paling hanya  laku  hingga 10  % saja. Sisanya dijual ke  Industri Pengelola Susu ( IPS),  seperti  Danon, Frishian Flag dan lainnya seharga Rp.3.650/ liter.
      Kepada  peternak, KPSBU  dengan  260 karyawan ini membeli susu seharga Rp. 2900- Rp.3050/ liter. Harga tergantung mutu susu. Semakin tinggi kwalitas susu semakin tinggi pula harga beli. Mutu ditentukan setelah  uji labor. Setidaknya ada 700 sampel untuk uji kelayakan. Salah satunya adalah penghitungan bahteri. Jika   susu  terbukti  mengandung  antibiotik,  susunya akan ditolak. Namun tambah Toto, sejauh ini   belum ada susu yang ditolak, anggota pada patuh semua.
      Selain    persusuan yang memberi 75 %   masukan bagi   KPSBU, juga dibuka  unit usaha simpan pinjam,dan waserda. Agar waserda diburu, pelayanan diantar sampai ke rumah dengan harga yang sama.  Demi kesejahteraan anggota, diberikan pinjaman  maksimal Rp. 5 juta tanpa  anggunan dan bunga. Loh kok bisa ?  Lah, yang dipinjamkan itu uangnya  anggota  toh ? kenapa harus pakai bunga, timpal sang bendahara KPSBU ini.
     Diyakini Toto, Koperasi peternak Susu Bandung Utara  dengan populasi  sapi 2000 ekor/ tahun berkembang karena  anggota merasa memiliki dan merasa sejahtera.  Kebijakan pengurus  pro peternak lainnya seperti  memberi  penyuluhan  dan inseminasi  serta layanan kesehatan  bagi sapi yang sakit secara Cuma cuma.
     Selain itu, hijauan dan makanan  berupa konsentrat yang diolah  KPSBU dijual  kepada peternak dengan harga  Rp. 1500/ kilo. Harga ini relatif murah, sebab konsentrat  mengandung 12 % protein campucaran  ubi kayu dan ampas tahu   umumnya dijual diatas Rp. 1500/ kg.
     Nah, ngomong ngomong soal pengurus nih, KPSBU   terdiri 3 pengurus harian, ketua, sekretaris dan bendahara, ditambah 3 penangungjawab. Selebihnya  merupakan pegawai lapangan hingga kantoran.  Dalam pemilihan Pengurus harian diajukan satu paket seperti pemilihan presiden. Bedanya,  paket  presiden maju bersama wakil, sementara  satu paket pengurus harian KPSBU terdiri  ketua, sekretaris dan bendahara.
     Dengan begitu, pengurus bekerja kompak tak ada yang main sikut belakang. Sebab kesalahan seorang akan menjadi tanggung jawab bersama.   KPSBU yang memiliki   aset Rp. 45 milyar, termasuk 15 truk tranfer  dilengkapi cooling unit,23 belasan pick up sebagai sarana antar jemput dari penampungan sementara ke labor,kini memiliki Sisa Hasill Usaha ( SHU)  2010  Rp. 1,3 Milyar,  sesuai misinya,   terus Menjadi koperasi susu terdepan di Indonesia dalam menyejahterakan Anggota. ( Yetti harni)

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Titanium Trimmer - Art of the Tithi - Tioga - Tioga
    Tithi: Tithi – Tioga. The titanium blue Tithi, the world's first Tithi, titanium symbol a tiny tatum titanium mens wedding band (toothed, and shaped like the tithi.Tithi ford escape titanium 2021 is one of the titanium wheels largest in the world, $0.29

    BalasHapus